Gita Hastarika
18.07.2011

Seni membingkai kehidupan, atau kehidupankah yang merangkai seni? Gita Hastarika mencoba menjawab pertanyaan ini lewat sebuah potret roman perkotaan—hasil interaksi pengunjung dengan sebuah karya seni di Galeri Nasional Indonesia. Dengan tidak menonjolkan salah satu pertanyaan tentang mana yang lebih penting, pengalaman subjektif pengunjung atau arti karya sang seniman, tulisan ini mengharapkan setiap orang untuk dapat memilih jawabannya sendiri melalui proses membaca.

Deasy Elsara
11.03.2011

Karya-karya street art yang selama ini kebanyakan hanya berupa coretan-coretan nama alias dan karakter-karakter karangan, pada akhir 2010 lalu tampil beda di Jakarta. Sejumlah karya yang beberapa di antaranya masih bertahan tersebut menanggapi permasalahan ibukota dengan berbagai pendekatan. Menempuh jalanan di tengah malam, menggambar, mencoret, dan menempel dengan cepat, tujuh individu dan kelompok seniman muda street art menorehkan aspirasi dan kritik mereka. Penulis Deasy Elsara mengulas karya-karya mereka untuk Anda.

Farid Rakun
26.09.2010

Pada Mei – Agustus 2010, desainer Irwan Ahmett dan Tita Salina menanggapi ruang publik Jakarta melalui proyek Urban PLAY mereka. Sembilan karya yang dokumentasi videonya ditayangkan secara berkala di situs Desain Grafis Indonesia ini, menampilkan kepercayaan mereka bahwa sisi nakal dan kekanak-kanakan warga harus dimunculkan kembali demi mengeluarkan karakter Jakarta itu sendiri. Redaktur kami, Farid Rakun, dengan kritis mengulas seri karya-karya yang inspiratif ini untuk Anda.

Marto Art
26.08.2010

Bulan Agustus selalu dirgahayu. Terkenang pekik "Merdeka!". Namun Marto Art justru merenung, menimbang, dan mempertanyakan nilai nasionalisme pemuda masa kini. Tokoh wayang kuna lakon Ramayana dan Mahabharata: Kumbakarna, Wibisana dan Basukarna, ia analogikan demi melihat psikologi sosial pemuda mutakhir. Keblingerkah nasionalisme kita? Di antara pemuda bela negara, pemuda keyakinan, dan pemuda gelisah saja?

Hera Diani
13.07.2010

Barack Obama adalah tokoh yang mengundang banyak kontroversi, terutama bagi Jakarta, kota di mana ia sempat menghabiskan sebagian masa kecilnya. Sejarah singkat itu sempat diabadikan melalui sebuah patung Obama cilik yang kemudian ditentang banyak pihak. Apa yang sebenarnya terekam oleh keributan ini? Politik global lawan nasionalisme? Cita-cita monumentalisme bertubrukan dengan inferioritas? Hera Diani membahasnya untuk Anda.

JJ Rizal
24.06.2010

Sejarah dalam diorama Monas adalah hasil rekayasa politik Orde Baru. Sementara selama puluhan tahun, jutaan pengunjung, termasuk anak-anak dari seluruh penjuru tanah air Indonesia yang diwajibkan melalui program sekolah, telah dan masih menyaksikan bualan sejarah Indonesia yang sangat militeristik itu. Sejarawan JJ Rizal membahas bagaimana dan mengapa penyelewengan sejarah dalam diorama itu dapat terjadi.

Yosafat Hermawan Trinugraha
06.04.2010

Setelah kerusuhan Mei 1998, kampung-kampung di Solo mengurung diri. Pagar-pagar yang tampak mengayomi itu, diam-diam terus melupakan kenyataan sesungguhnya. Bagi Yosafat Hermawan Trinugraha, adanya lawang kampung sangat janggal di tengah ingar-bingar keberhasilan penataan kota Solo yang ramah pada wong cilik. Kampung adalah benteng terakhir pluralitas kota. Mengurung kampung hanya membuat ingatan yang dipagarinya, suatu saat akan memberontak.

Farid Rakun - Ardi Yunanto
22.03.2010

Gedung Bekas Kantor Imigrasi di Jakarta Pusat sungguh babak-belur. Ia ditelantarkan, diperebutkan, dijarah, dijual, dibeli lagi, lalu begitu saja dijadikan Buddha Bar. Sekarang, setelah pemberitaan mengenai gedung itu mereda, apakah berarti masalah juga sudah selesai? Dan apa yang masih bisa kita lakukan untuk menyelamatkannya? Jurnal Karbon mewawancarai Pradaningrum Mijarto, seorang pemerhati bangunan bersejarah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu.

Anissa S. Febrina
22.02.2010

Hidden Jakarta, paket wisata anti-kemewahan, adalah perkembangan mutakhir dari kondisi pasar yang nista namun elok, di mana segalanya bisa dijual. Anissa S. Febrina, yang memutuskan untuk menggali lebih dalam sisi voyeuristis-nya, mencoba menjelaskan fenomena ini dengan menjajal wisata kemiskinan. Dengan mempertimbangkan interaksi subyek-obyek yang terjadi di sepanjang proses, esai ini juga dapat dibaca sebagai sebuah hidangan pembuka.

Pradaningrum Mijarto
15.11.2009

Kota Tua Jakarta adalah sang “Ratu dari Timur” yang ditetapkan sebagai cagar budaya. Namun pada 2008, Taman Fatahillah sempat dijadikan areal parkir untuk pesta pernikahan besar yang bertempat di Museum Seni Rupa dan Keramik. Pradaningrum Mijarto, mengulas kondisi “sang ratu” yang tidak jelas, akibat terlalu banyak kepentingan dan ketidakpedulian terhadap upaya mengembalikan “sang ratu”.